Cara Menggambar Kotak dan Bintang GrafKom
Part 2 – Halo sobat sekalian. Pada kesempatan kali ini, saya
akan melanjutkan artikel pembelajaran java yang kemarin, yaitu Grafika Komputer Part 2.
Jika kalian sebelumnya sudah belajar mengenai dasar-dasar awal dalam
pembuatan suatu JFrame dan JPanel, sekarang kita mulai untuk menggambarkan sebuah objek. Nah, penasaran objek apa saja yang akan kita pelajari kali ini? Terusin baca artikelnya yah sobat 😀😀
Cara Menggambar Kotak dan Bintang GrafKom Part 2
Objek Graphics
Ketika method paintComponent dipanggil, ia mendapat sebuah argument berupa object java.awt.Graphics. Objek ini akan menyediakan berbagai method untuk menggambar objek 2D
dan mendapatkan informasi tentang lingkungan tempat menggambar. Pada
kebanyakan kasus, objek pada argument merupakan instans dari objek java.awt.Graphics2D (subclass dari Graphics), yang menyediakan lebih banyak lagi method-method rumit untuk menggambar objek 2D.
Menggambar Garis
Method untuk menggambar garis adalah : .drawLine( int x1, int y1, int x2, int y2);
Contoh :
public class MyPanel extends JPanel{
@Override
public void paintComponent(Graphics g){
super.paintComponent(g);
// Draw Text - Menggambar tulisan
g.drawString("This is my Custom Panel!",40,20); // 40 Horizontal... 20 Vertical...
// Menggambar Garis
g.drawLine(50,50,150,50);
}
Sistem Koordinat
Sistem koordinat yang digunakan pada komputer, umumnya adalah koordinat kartesius yang titiknya (0,0) -nya berada di ujung kiri atas. Berikut adalah contoh sistem koordinatnya:
Sistem Koordinat
public class MyPanel extends JPanel{
@Override
public void paintComponent(Graphics g){
super.paintComponent(g);
// Draw Text - Menggambar tulisan
g.drawString("This is my Custom Panel!",40,20); // 40 Horizontal... 20 Vertical...
// Menggambar Garis
g.drawLine(50,50,150,50);
// Membuat Kotak
g.setColor(new Color(0,100,200)); // di paramater Red, Green, Blue (RGB) - basis cahaya, makin besar makin terang
g.drawLine(50,50,150,50); // Stip di atas
g.setColor(new Color(255,0,0));
g.drawLine(50,50,50,100); // Strip ke bwh di kiri
g.setColor(new Color(0,255,0));
g.drawLine(50,100,150,100); // Strip di bawah
g.setColor(new Color(0,0,0));
g.drawLine(150,50,150,100); // Strip ke bawah di kanan
// Membuat Bintang
g.setColor(new Color(0,100,200)); // Biru
g.drawLine(300,20,250,150);
g.setColor(new Color(255,0,0)); // Merah
g.drawLine(300,20,350,150);
g.setColor(new Color(0,255,0)); // Hijau
g.drawLine(250,150,380,60);
g.setColor(new Color(0,0,0)); // Hitam
g.drawLine(350,150,220,60);
g.setColor(new Color(0,255,255)); // Cyan
g.drawLine(220,60,380,60);
g.setColor(new Color(0,0,0)); // Hitam
g.drawString(".",300,85); // Titik Tengah
}
}
Mengganti Warna
Susunan Warna
Warna untuk menggambar secara default adalah hitam, sedangkan untuk mengganti warna, kalian dapat menggunakan method ini : void setColor (Color c), sedangkan untuk mendapatkan warna saat ini kalian bisa gunakan method : Color getColor(). Kedua method ini menggunakan objek Color, karena itu kalian harus mengimport terlebih dahulu Java Library-nya : import java.awt.Color; . Constructor objek Color menerima 3 parameter, yaitu intesitas warna merah (Red), hijau (Green), dan biru (Blue), masing-masing antara 0 sampai 255.
Oke teman-teman, itu adalah pembelajaran kita pada Grafika Komputer Part 2, yaitu tentang Cara Menggambar Kotak dan Bintang GrafKom Part 2.
Setelah kalian memahami materi yang ada pada artikel ini, kalian dapat
mencoba latihan sendiri dengan method-method yang telah di ajarkan.
Kalian bisa membuat objek lain, seperti Trapesium,
lingkaran, segitiga, dan lain sebagainya. Jika ada hal yang ingin
ditanyakan, jangan sungkan untuk menulisnya di form komentar yah Guys.
Sekian dari saya, Salam IT ^_^
Sumber: https://bierpinter.com/pemrograman/cara-menggambar-kotak-dan-bintang-grafkom-part-2/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar