Follow Us @soratemplates

Senin, 28 Mei 2018

Pengenalan Grafika Komputer Netbeans (Part 1)

Pengenalan Grafika Komputer Netbeans (Part 1) – Halo sobat. Pada materi java kali ini saya akan mulai masuk ke dalam materi Grafika Komputer. Grafika komputer ini akan mengacu kepada gambar yang dihasilkan oleh komputer. Software yang saya gunakan pada kesempatan kali ini adalah Netbeans (Java). Ingin tahu lebih mengenai Grafika Komputer itu sendiri? Tetap lanjutin baca artikelnya yah guys 😀😀

Pengenalan Grafika Komputer Netbeans (Part 1)

Computer Graphics atau Grafika Komputer mempelajari bagaimana cara komputer menggambar, bukan bagaimana cara menggunakan software untuk menggambar, seperti : Adobe Illustrator, Corel Draw, dll. Tetapi bagaimana cara membuat software semacam ini. Kegunaan dari grafika komputer ini antara lain untuk membuat software untuk menggambar, membuat GUI, membuat animasi, dan lain sebagainya.

JFrame


Penjelasan Jframe


Untuk membuat GUI, pertama-tama yang kita perlu siapkan adalah wadahnya (wadah untuk menggambar). Pada program Java, objek JFrame berguna untuk membuat sebuah windows kosong. Perlu diperhatikan, bahwa semua komponen GUI pada Java harus digambar oleh thread yang bernama Event Dispatch (untuk menghindari masalah race condition yang dapat menyebabkan deadlock). Berikut adalah contoh kodingnya (main file) :

/*
 * To change this template, choose Tools | Templates
 * and open the template in the editor.
 */
package demo1;
import javax.swing.SwingUtilities;
import javax.swing.JFrame;
/**
 *
 * @author 2015130025
 */
public class Demo1 {

    /**
     * @param args the command line arguments
     */
    public static void main(String[] args) {
        // TODO code application logic here
        SwingUtilities.invokeLater(new Runnable(){
            public void run(){
                createAndShowGUI();
            }
        });
    }
    
    // Seperti Membuat Meja - Untuk Muncul Ke Layar. Tanpa Meja g akan muncul ke layar
    private static void createAndShowGUI(){
        JFrame f = new JFrame("Swing Paint Demo");
        f.setDefaultCloseOperation(JFrame.EXIT_ON_CLOSE);
        f.setSize(500,500); // Ukuran Meja
        f.setVisible(true);
        
        // menaruh kertas di atas meja
        f.add(new MyPanel());
    }
    
}


Method .invokeLater(new Runnable) berguna untuk mendaftarkan sebuah objek Runnable kepada thread Event Dispatch, untuk nantinya akan dikerjakan oleh thread tersebut.


JPanel


https://bierpinter.com/wp-content/uploads/2018/03/Jpanel.png
Penjelasan JPanel


Mengapa kita menggunakan JPanel? Karena segala sesuatu yang kita gambar di layar haruslah berupa komponen GUI, baik yang sudah disediakan oleh Java, ataupun merupakan kelas turunannya. JPanel merupakan objek “ringan” yang umum digunakan untuk menggambar komponen GUI itu sendiri. Kalian bisa membuat New – Java Class, kemudian buat class tersebut extends kepada JPanel. Berikut adalah contoh kodingnya (Nama Java Class saya adalah MyPanel) :

*
 * To change this template, choose Tools | Templates
 * and open the template in the editor.
 */
package demo1;
import javax.swing.JPanel;
import java.awt.Graphics; // Object yang menyediakan berbagai method untuk menggambar Object 
import java.awt.Color;
/**
 *
 * @author 2015130025
 */
public class MyPanel extends JPanel{
    @Override
    public void paintComponent(Graphics g){
        super.paintComponent(g);
        
        // Draw Text - Menggambar tulisan
        g.drawString("This is my Custom Panel!",40,20); // 40 Horizontal... 20 Vertical...
 }
}


Oke teman-teman, itu adalah sekilas mengenai Pengenalan Grafika Komputer Netbeans (Part 1). Pengenalan ini merupakan dasar awal sebelum kita memulai untuk menggambar objek-objek pada artikel selanjutnya. Saya harap kalian mengerti dulu Part 1 ini sebelum kalian melanjutkan ke artikel pembelajaran selanjutnya. Jika ada hal yang ingin ditanyakan, jangan sungkan untuk menulisnya di form komentar yah teman-teman. Sekian dari saya, Salam IT ^_^






Tidak ada komentar:

Posting Komentar